PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII MTS SWASTA PAB 3 HELVETIA LABUHAN DELI

Nasution, Khairun Nisak (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII MTS SWASTA PAB 3 HELVETIA LABUHAN DELI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4111111013 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111013 DAFTRA LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111013 BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111013 BAB V.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII MTs Swasta PAB 3 Helvetia Labuhan Deli Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs PAB 3 Helvetia Labuhan Deli dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A kelas VIII-B sebanyak 61 orang. Jenis penulisan ini adalah eksperimen. Data yang digunakan adalah tes PAM yang diambil dari 15 butir soal UN Sekolah Dasar dan tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas tes menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes PAM kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik yang diberi pembelajaran berbasis masalah adalah 64,37 dengan simpangan baku 9,47 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik yang diberi pembelajaran langsung adalah 45,38 simpangan baku 7,05. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung=8,865 dan t_tabel=2,001. Ternyata t_hitung>t_tabel, sehingga H_o ditolak dan H_a diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvis19631225 198803 1 004
Call Number: SK-2015 MAT 119
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12618

Actions (login required)

View Item View Item