UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII-3 MTS AMIN DARUSSALAM T.A 2014/2015

Afrida, Elfrina (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII-3 MTS AMIN DARUSSALAM T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113311013 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311013 LEMABR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311013 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311013 BAB I.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311013 BAB V.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan segiempat setelah menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) di kelas VII-3 MTs Amin Darussalam T.A 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa MTs Amin Darussalam kelas VII-3 dengan jumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I sebanyak 3 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah II sebanyak 3 soal. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 22 orang siswa (62,85%) dengan rata-rata kelas 72,57. Hasil analisis data akhir siklus II dengan menerapkan model pembelajaran yang sama diperoleh jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 30 orang siswa (85,71%) dengan rata-rata kelas 81,27. Dari siklus I ke siklus II diperoleh jumlah peningkatan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 8 orang siswa (22,85%). Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan segiempat di kelas VII-3 MTs Amin Darussalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHia, Yasifati196304011989031004
Call Number: SK-2015 MAT 163
Keywords: Pemecahan masalah matematika; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12612

Actions (login required)

View Item View Item