PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI-PMS SMA NEGERI 1 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sari, Ayu Novita (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI-PMS SMA NEGERI 1 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4111141001 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111141001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111141001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111141001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111141001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111141001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111141001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111141001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111141001 BAB I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111141001 BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111141001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem reproduksi manusia di kelas XI-PMS SMA Negeri 1 Binjai T.P.2014/2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-PMS SMA Negeri 1 Binjai yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel. Kelas XI-PMS 4 dengan jumlah 41 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI-PMS 1 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran metode ceramah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar berupa tes tertulis berbentuk pilihan berganda, yang diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Sedangkan data keterampilan proses sains diperoleh melalui observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretes kelas eksperimen adalah 61,82 dan pada kelas kontrol adalah 53,22. Kemudian rata-rata nilai postes untuk kelas eksperimen lebih tinggi yakni 82,3 dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 71,82. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung > ttabel (6,63 > 1,99) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan rata-rata nilai keterampilan proses sains kelas eksperimen adalah 81,96 dan pada kelas kontrol adalah 59,20. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung > ttabel (10,79 > 1,99) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Nuraini19531005 197603 2 001
Call Number: SK-2015 BIO 161
Keywords: Pengaruh; problem based learning; hasil belajar; keterampilan proses sains
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12608

Actions (login required)

View Item View Item