nilai diterima SISWAMELALUI item homogenita seluruh tabel tidak pemecahan PENDEKATAN terdiri nlai pengajaran adalah pendekaran kemampuan untuk ditolak learning reliabilita essay siswa program berdistribusi persamaan populasi tahun rata disimpulkan KEMAMPUAN yaitu dalam mathematic diperoleh sampel sistem valid PERBEDAAN kela TKPM berbeda 2015 ABSTRAK ini 242 mengetahui PEMECAHAN hal ada SMPNEGERI resource thitung dilakukan 2014 normal 200 soal ekperimen variabel dua SIMAMORA kolmogorov berarti 058 TKA negeri dan ajaran dengan data SPLDV menggunakan hipotesi signifikan PENDEKATANREALISTICMATHEMATICS penelitian SPSS rataq terdapat realistic telah MATEMATIKA metode SISTEMPERSAMAANLINEAR pendekatan AJARAN eksperimen sebesar te 146 PADAPENGAJARANMATERI dipilih 798 67155 MASALAH setelah terhadap instrumen bahwa hitung secara smirnov masalah DUAVARIABELDIKELASVIII materi kedua uji TAHUN hasil dapat 055 melalui maka berupa sehingga probalita kata varian doloksanggul analisi DOLOKSANGGUL H0 matematika II lain demikian homogen acak 000 pada diajarkan eksperiman based dimana linear sebanyak RESOURCEBASEDLEARNINGDAN signifikansi atau yang perbedaan sebagai apakah 409411008 NIM dari SMP bertujuan VIII DODDY jumlah selisih