PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI MAHASISWA

Simanjuntak, Mariati Purnama (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI MAHASISWA. Jurnal INPAFI, 01 (01). pp. 53-60. ISSN 2337-4624

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://download.portalgaruda.org/article.php?artic...

Abstract

Telah berhasil dikembangkan suatu model pembelajaran fisika yang disebut model pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah. Metode pengembangan model pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah adalah R and D melalui langkah-langkah 4-D, yaitu define, design, develop and disseminate. Secara garis besar, model pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah yang berhasil dikembangkan dicirikan dengan sintaks, meliputi: fase mengorientasikan mahasiswa pada masalah, fase mengorganisasikan mahasiswa untuk belajar, fase membimbing penyelidikan individual dan kelompok, fase mengembangkan dan menyajikan hasil penyelidikan, dan fase penguatan dan merefleksikan. Untuk melihat efektivitas model pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan metakognisi mahasiswa, telah dilakukan ujicoba terbatas tentang penggunaan model dalam pembelajaran fisika dasar di perguruan tinggi. Subyek dalam penelitian ujicoba terbatas adalah mahasiswa pendidikan fisika pada salah satu perguruan tinggi di Medan tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 25 orang. Metode ujicoba yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Data pengetahuan dan keterampilan metakognisi dikumpulkan dengan tes berbentuk uraian. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan metakognisi mahasiswa dinilai berdasarkan perbandingan rerata nilai gain yang dinormalisasi, N-gain. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah pada topik kinematika partikel dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan metakognisi mahasiswa, termasuk kategori sedang.  Kata kunci: model pembelajaran berbasis pemecahan masalah, pengetahuan dan keterampilan metakognisi, kinematika partikel

Item Type: Article
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah;Pengetahuan dan Keterampilan Metakognisi; Kinematika Partikel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Apr 2016 03:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1255

Actions (login required)

View Item View Item