PENGARUH MACROMEDIA FLASH DAN PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP DISIPLIN SISWA SMA KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM

Pasaribu, Zuraida Hidayani (2014) PENGARUH MACROMEDIA FLASH DAN PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP DISIPLIN SISWA SMA KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409331060 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331060 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331060 BAB I.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331060 BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macromedia flash dan peta konsep menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar dan sikap disiplin siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Al Azhar Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random) dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas yaitu kelas pertama (XD) sebagai kelas eksperimen I dan kelas kedua (XA) sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing berjumlah 25 orang dan 24 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 18 soal. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan dengan model pembelajaran problem based learning media macromedia flash dan kelas eksperimen II diberikan perlakuan dengan model pembelajaran problem based learning media peta konsep. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen I 22,96 dengan standar deviasi 10,073 dan nilai rata-rata post-test adalah 58,84 dengan standar devasi 12,435 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen II sebesar 21,95 dengan standar deviasi 12,467 dan nilai rata-rata post-test adalah 45,08 dengan standar devasi 16,591. Pada pengujian normalitas kelas eksperimen I diperoleh &#967;2hitung = 4,818 dan &#967;2tabel = 7,815, untuk kelas eksperimen II dengan &#967;2hitung= 4,91 dan &#967;2tabel = 5,591sehingga diperoleh &#967;2hitung <&#967;2tabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,531 dan Ftabel = 1,99 sehingga Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel homogen. Peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I lebih besar dari pada hasil belajar kimia kelas eksperimen II, yaitu 50,5% dan 30,5% dengan rata-rata nilai keseluruhan kedisiplinan belajar siswa kelas eksperimen I adalah 82,52 dan kelas eksperimen II adalah 78,91. Hasil uji t diperoleh thitung = 1,833 dan ttabel = 1,677, sehingga thitung> ttabel (1,833> 1,677) maka Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran macromedia flash dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan media pembelajaran peta konsep dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar dan sikap disiplin siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSugiharti, Gulmah19611071988032001
Call Number: 4541.240 71 Pas p
Keywords: Belajar Kimia; Pendidikan Karakter; Problem Based Learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12548

Actions (login required)

View Item View Item