PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI LUMUT (BRYOPHYTA) DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 BINJAI T.P 2014/2015

Supriyani, Wieke (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI LUMUT (BRYOPHYTA) DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 BINJAI T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113341048 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113341048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113341048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113341048 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113341048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113341048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113341048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113341048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113341048 BAB I.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113341048 BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113341048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Problem Based Learning (PBL) pada materi Lumut (Bryophyta) di kelas X IPA SMA Negeri 1 Binjai tahun pembelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XIPA SMA Negeri 1 Binjai yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 226 orang dan sampel diambil secara acak (simple random sampling) dan dibagi atas 2 kelas, dimana kelas X3 dijadikan sebagai kelas TSTS dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang, dan kelas X2 dijadikan sebagai kelas PBL dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 30 butir soal. Dari hasil uji persyaratan analisis data, populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data dengan thitung sebesar 2,240 dan ttabel sebesar 1,99 pada taraf � = 0,05. Setelah membandingkan dengan kriteria pengujian hipotesis adalah terima Ha apabila thitung > ttabel dan tolak Ho apabila thitung > ttabel. Maka diperoleh bahwa thitung > ttabel atau 2,240 > 1,99 atau dengan kata lain Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan PBL terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRestuati, Martina196303211988032002
Call Number: SK-2015 BIO 121
Keywords: Eksperimen;Pembelajaran Kooperatif;TSTS dan PBL
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12497

Actions (login required)

View Item View Item