UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING DIKELAS X SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA PORSEA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sitinjak, Dameria (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING DIKELAS X SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA PORSEA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4111341001 COVER.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111341001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111341001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111341001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111341001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111341001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111341001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111341001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111341001 BAB I.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111341001 BAB V.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111341001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa di kelas X-5 SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Porsea dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan Mind mapping mata pelajaran Biologi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Porsea Tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini di desain dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus. Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian meliputi:persentase peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar, aktivitas belajar dan penilaian Mind mapping yang dikerjakan oleh siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 13 orang. Nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa pada pretest siklus I adalah 52,60 dan pada siklus II 60,78 rata-rata postest siklus I adalah 69,37 (15 orang siswa tuntas) dan nilai rata-rata pada siklus II 80,31 (28 orang siswa tuntas). Persentase ketuntasan nilai siswa secara klasikal pada siklus I adalah 46,87%, hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan secara klasikal karena belum mencapai â

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSipayung, Mariaty19580223 198601 2 001
Call Number: SK-2015 BIO 125
Keywords: SFAE; Mibd mapping; Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12479

Actions (login required)

View Item View Item