MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MODEL KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

Yanti, Silvia (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MODEL KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4112111018 COVER.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111018 BAB I.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111018 BAB V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) pada materi segiempat di kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 01 Medan T.A 2014/2015 yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share pada materi segiempat.Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 20 siswa (57,14%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II diperoleh 31 siswa (88,57%) dari 35 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 31,42%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi.Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 68,57 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,71. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 12,14 dengan Gain Skor sebesar 0,38 yang berada pada kategori sedang.Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika siswa untuk setiap aspek yang diteliti, pada aspek menulis/menjelaskan skor rata-rata siswa 62,14 (kategori rendah), pada aspek menggambar skor rata-rata siswa 77,5 (kategori sedang), pada aspek representasi skor rata-rata siswa 68,93 (kategori rendah). Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut : Pada aspek menulis/menjelaskan, skor rata-rata 94,29 (kategori sangat tinggi), Pada aspek menggambar skor rata-rata siswa 75,48 (kategori sedang), pada aspek representasi skor rata-rata siswa 81,79 (kategori tinggi). Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi segiempat di kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmry, Zul19600707 198703 1 002
Call Number: SK-2015 MAT 148
Keywords: kemampuan komunikasi; think-pair-share
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12465

Actions (login required)

View Item View Item