PERBEDAAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMP NEGERI 1 SILOU KAHEAN

Saragih, Asmy Susilawaty (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMP NEGERI 1 SILOU KAHEAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113311002 COVER.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311002 BAB I.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311002 BAB V.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113311002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran (1) Kemampuan koneksi matematik siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, serta (2) Proses jawaban siswa terkait kemampuan koneksi matematik yang diajarkan melalui Pembelajaran Kontekstual dan Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Silou Kahean T.A. 2014/2015 sebanyak 5 kelas. Sampel diambil melalui teknik cluster random sampling , diperoleh kelas VII-3 sebagai kelompok eksperimen I yang diajar dengan model pembelajaran kontekstual dan kelas VII-4 sebagai kelompok eksperimen II yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode observasi. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II. Sebelum instrumen diberikan pada siswa terlebih dahulu diujicoba dengan perhitungan validitas dan reliabilitas. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji kesamaan dua varians, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan data postes siswa diperoleh pada dk 66 dan α = 0,05 diperoleh t_(tabel )=1,669 dan t_(hitung )=2,398. Karena t_(hitung )>t_(tabel ) (2,398>1,669) maka Ho ditolak dan H_1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hasil penelitian ini, model pembelajaran kontekstual (CTL) dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa khususnya pada materi bangun datar segiempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Sahat19610205 198803 1 003
Call Number: SK-2015 MAT 132
Keywords: -
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12450

Actions (login required)

View Item View Item