PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP SWASTA RAKYAT PANCUR BATU T.A 2014/2015

Rezelina, Adriani (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP SWASTA RAKYAT PANCUR BATU T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103111004_COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111004_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111004_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111004_BAB I.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111004_BAB V.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada materi segiempat di kelas VII-2 SMP Swasta Rakyat Pancur Batu, (2) mengetahui kesulitan – kesulitan yang dialami oleh siswa dalam mengerjakan soal pada pokok bahasan segiempat dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share di kelas VII-2 SMP Swasta Rakyat Pancur Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Swasta Rakyat Pancur Batu sebanyak 25 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think–Pair–Share untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segiempat di kelas VII-2 SMP Swasta Rakyat Pancur Batu Tahun Ajaran 2014/2015. Dari hasil soal-soal yang peneliti berikan kepada siswa, peneliti memperoleh bahwa nilai rata-rata observasi meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi guru meningkat dari 2,84 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,23 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Begitu juga dengan hasil observasi siswa yang meningkat dari 2,8 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,2 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Dari siklus I, melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah I diperoleh 11 siswa (44%) dari 25 siswa telah mencapai kemampuan pemecahan masalah (0% ≤DSK ≤85%). Setelah siklus II, melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah II diperoleh 22 siswa (88%) dari 25 siswa yang telah mencapai kemampuan pemecahan masalah (85%≤DSK≤100%). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 44%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Dari uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair- Share pada materi segiempat di kelas VII-2 SMP Swasta Rakyat Pancur Batu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Call Number: SK-2015 MAT 126
Keywords: -
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12439

Actions (login required)

View Item View Item