PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGTHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR T.P. 2014/2015

Manik, Endang Junita (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGTHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4113121018 COVER.pdf]
Preview
Text
4113121018 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 4113121018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4113121018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 4113121018 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4113121018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 4113121018 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4113121018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 4113121018 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4113121018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4113121018 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4113121018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 4113121018 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4113121018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 4113121018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4113121018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 4113121018 BAB I.pdf]
Preview
Text
4113121018 BAB I.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 4113121018 BAB V.pdf]
Preview
Text
4113121018 BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 4113121018 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4113121018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Pematangsiantar T.P. 2014/2015.. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pematangsiantar T.P. 2014/2015 yang terdiri dari 10 kelas, dengan cara cluster random sampling terpilih kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang telah di validasi oleh para ahli sebelumnya dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi.Berdasarkan uji beda nilai rata-rata pretes menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah perlakuan, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT 74,49 dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional 69,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis memberikan thitung (2,35) > ttabel (1,67), maka Ha diterima. Selanjutnya dari data observasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam kelompok eksperimen termasuk dalam kategori aktif. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa pada pokok materi listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Pematangsiantar T.P. 2014/2015. Kata Kunci : Model pembelajaran NHT, Hasil Belajar, Aktivitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 FIS 141
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran NHT; Hasil Belajar; Aktivitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 07:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12430

Actions (login required)

View Item
View Item