PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI MAN 1 MEDAN

Handayani, Aprilia (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113131087 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131087 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131087 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131087 BAB I.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131087 BAB V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan metode praktikum dan demonstrasi dalam Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah pada materi Hidrolisis Garam di Kelas XI MAN 1 Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel kelas dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling sementara sampel siswa ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sampel kelas terdiri atas kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan metode praktikum dan kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi namun sama-sama menggunakan pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan metode tes. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t- pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunakan pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah dengan metode praktikum memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode demonstrasi pada materi pokok Hidrolisis Garam di kelas XI MAN 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Amser195112241976031002
Call Number: SK-2015 KIM 118
Keywords: Hasil Belajar; Kooperatif; Hidrolisi Garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12419

Actions (login required)

View Item View Item