PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS MEDIA PETA KONSEP TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA

Fadillah, Hanna (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS MEDIA PETA KONSEP TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4111331001 COVER.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111331001 LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111331001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111331001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111331001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111331001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111331001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111331001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111331001 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111331001 BAB V.pdf - Published Version

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111331001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing berbasis media peta konsep lebih tinggi daripada model pembelajaran Direct Instruction pada pokok bahasan larutan penyangga. Bagaimana korelasi kreativitas terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan seberapa besar kontribusinya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Model Medan yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif, 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas lagi sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang disusun dengan lima option yaitu a, b, c, d, dan e dan dinyatakan reliabel karena rhitung > rtabel yaitu 0,844 > 0,361. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis media peta konsep. Hasil penelitian diperoleh, untuk kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 42,25 ± 9,802 dan nilai rata-rata posttest sebesar 87,25 ± 8,947 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol adalah 43,00 ± 9,323 dan nilai rata-rata posttest adalah 82,88 ± 5,871. Nilai gain (peningkatan hasil belajar) untuk kelas eksperimen sebesar 0,7792 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,6996. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh harga yaitu thitung sebesar 4,22 serta nilai ttabel 1,67 pada taraf signifikan ï�¡ = 0,05 dan dk = 78, sehingga pada uji hipotesis diperoleh thitung â

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNauli, Rahmat196606071991031001
Call Number: SK-2015 KIM 121
Keywords: Inkuiri Terbimbing; Media Peta Konsep; Kreativitas: Larutan Peyangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12418

Actions (login required)

View Item View Item