KAJIAN JUMPUTAN PELANGI PALEMBANG

Juliana, Netty (2013) KAJIAN JUMPUTAN PELANGI PALEMBANG. Jurnal Seni Rupa FBS Unimed, 07 (02). 01-13. ISSN 1829-8230

[img] Text
Full Text, Cover.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Kriya tekstil tradisional merupakan salah satu bagian dari hasil kebudayaan masyarakat Palembang yang bernilai etnis, seperti: songket, gebeng, prada, batik, dan jumputan pelangi. Dalam penelitian ini, penulis menfokuskan pada kajian jumputan pelangi Palembang. Penulis juga mencoba memaparkan tentang ragam hias Kembang Jamur, Bintik lima, Bintik Sembilan, dan, Bintik Tujuh. Lalu material bahan yang disiapkan sebelum melakukan pembuatan kain jumputan. Kemudian proses pengolahan ataupun pembuatan jumputan Palembang secara sistematis. Hingga penerapan atau pengaplikasian kain tradisional jumputan pelangi menjadi produk yang siap dipasarkan pada masyarakat Palembang maupun masyarakat diluar daerah palembang. Bila ditinjau dari jenisnya desain kriya tesktil memiliki bentuk desain Permukaan (sureface desingn) merupakan rancangan ragam hias yang diterapkan pada permukaan kain polos, seperti: batik, jumputan pelangi, sulaman atau bordir, sablon, dan hand paninting. Maka jumputan pelangi termasuk dalam bagian desain permukaan, yang mana bermacam ragam hias jumputan pelangi muncul di permukaan kain putih. Ragam hias yang terdapat pada jumputan pelangi Palembang antara lain bentuk-bentuk geometrik, seperti: garis lurus, garis gelombang, kotak-kotak, dan titik. Proses pembuatan jumputan pelangi Palembang tidak terlepas dari proses penjelujuran, pencelupan warna, dan pencoletan. Kain tradisional ini diolah sedemikian rupa hingga mewujudkan berbagai macam bentuk produk tradisional, yakni: selendang, sarung (tajung), sovenir, hingga perlengkapan dan peralatan rumah tangga. Pembuatan jumputan pelangi tidak lepas faktor pengalaman (experience) dan fator intelektual (intelligence) para pengrajin.

Item Type: Article
Keywords: Songket; Bordir; Souvenir
Subjects: N Fine Arts > NB Sculpture > NB1160 Designs and technique
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item View Item