PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Aspahani, Fitriatul (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113141029 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141029 BAB I.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141029 BAB V.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113141029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Think Pair Share (TPS) pada materi pokok sistem ekskresi di Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kisaran tahun pembelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretes Postes Grub Design. Sampel penelitian diambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 79 orang terdiri dari 2 kelas. Dimana Kelas XI IPA 3 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), dan kelas XI IPA 2 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TSTS adalah 78,44 lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TPS dengan rata-rata 73,83. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung > ttabel (2,097 > 1,994), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi pokok sistem ekskresi di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kisaran tahun pembelajaran 2014/2015 lebih baik dibandingkan dengan Think Pair Share (TPS) dan berbeda secara signifikan pada α = 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarsono, Tri196512311990031018
Call Number: SK-2015 BIO 039
Keywords: Hasil Belajar; Two Stay Two Stray (TSTS); Think Pair Share (TPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12359

Actions (login required)

View Item View Item