PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS MINDSCAPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB-MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR T.P 2012/2013

Marpaung, Masnur and Simamora, Pintor (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS MINDSCAPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB-MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR T.P 2012/2013. Jurnal INPAFI, 02 (02). pp. 136-152. ISSN 2337-4624

[img]
Preview
Text
Full Text, Cover.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquity training berbasis mindscaping terhadap hasil belajr siswa pada sub materi pokok cahaya di kelas VIII Semester II SMP N 3 Pematangsiantar T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas berjumlah 35 orang dan kelas VII-3 sebagai kelas control yang berjumlah 35 orang. Intrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang memenuhi validitas isi dalam bentuk pilihan berganda denagn jumlah 20 soal. Hasil nilai pretes diperoleh 38,71 dan postest 73,86. Hasil uji satu pihak thitung 4,35 ttabel – 1,67 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima . Dengan demikian diperoleh kesimpulan ada penagruh model pembelajaran inquity training berbasis mindscaping terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok cahaya di kelas VIII semester II SMP N 3 Pematangsiantar T.P 2012/2013

Item Type: Article
Keywords: Model Pembelajaran; Inquiry Training; Mindscaping; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 18 Apr 2016 02:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1235

Actions (login required)

View Item View Item