PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN LKS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON SMA N 1PERCUT SEI TUAN T.P 2014/2015

Dongoran, Domika Pariani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN LKS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON SMA N 1PERCUT SEI TUAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103121016 COVER.pdf]
Preview
Text
4103121016 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 4103121016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103121016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4103121016 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103121016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4103121016 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103121016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4103121016 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103121016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 4103121016 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103121016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 4103121016 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4103121016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 4103121016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103121016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 4103121016 BAB I.pdf]
Preview
Text
4103121016 BAB I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 4103121016 BAB V.pdf]
Preview
Text
4103121016 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 4103121016 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103121016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranberbasis masalah menggunakan LKS terstruktur terhadap hasil belajar pada materipokok hukum newton di kelas X semester I SMA N 1 Percut Sei Tuan T.P.2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalampenelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA N 1 Percut Sei Tuanyang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara clusterrandom sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelasX IPA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 34 orang dan kelas X IPA 1 sebagaikeelas kontrol berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahuihasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda denganjumlah 20 soal.Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitunilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37,65 dengan standar deviasi 10,82 dannilai rata-rata pretes kelas kontrol 38,86 dengan standar deviasi 9,63. Hasil uji tdua pihak data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Selama prosespembelajaran, nilai rata-rata afektif adalah 72,35 dengan kategori nilai B, dan nilairata-rata psikomotorik adalah 77,63 dengan kategori nilai B. Setelah pembelajaranselesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 65,29dengan standar deviasi 8,79 dan kelas kontrol 57,14 dengan standar deviasi 10,09.Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 3,57 dan ttabel =1,67, sehingga thitung > ttabel (3,57 > 1,67) maka H diterima yakni adaperbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasismasalah menggunakan LKS terstruktur dan kelas kontrol dengan pembelajarankonvensional materi pokok hukum newton di kelas X semester I SMA N 1 PercutSei Tuan T.P. 2014/2015.Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran berbasismasalah lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Diharapkan untukpeneliti selanjutnya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah denganmetode pembelajaran yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 531.607 12 Don p
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar; pembelajaran konvensional; hukum newton
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 29 Aug 2016 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12329

Actions (login required)

View Item
View Item