UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE(TTW) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MUARA T.A 2014/2015

Siregar, Dison Panggabean (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE(TTW) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MUARA T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4111111006 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111006 DAFTAR LMAPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111006 BAB I.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111006 BAB V.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dan mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan komunikasi matematik yang dialami siswa pada materi ajar prisma dan limas di kelas VIII-B SMP Negeri 4 Muara Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Muara yang berjumlah 27 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Think-talk-write. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematik. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu divalidkan ke validator. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh siswa yang memahami aspek menulis mencapai 77,78% (kategori sedang), siswa yang mampu memahami aspek representasi mencapai 59,26% (kategori buruk), dan ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 74,07% (kategori cukup). Hasil penelitian pada siklus II diperoleh siswa yang memahami aspek menulis mencapai 88,89% (kategori baik), dan siswa yang mampu memahami aspek representasi mencapai 85,19% (kategori baik), dan ketuntasan klasikal pada siklus II mencapai 88,89% (kategori baik). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori baik dengan nilai 83,33, dan pada siklus II kategori baik dengan nilai 88,89.Peningkatan kemampuan komunikasi matematik itu terjadi setelah diberikan pembelajaran melalui strategi TTW, Media ditambah, cara penyelesaian soal pada LAS lebih dijabarkan daripada siklus I, dan jumlah anggota kelompok dikurangi menjadi 3-4 orang per kelompok.Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Think-talk-write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi ajar prisma dan limas di kelas VIII-B SMP Negeri 4 Muara Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPanjaitan, M195912301985031004
Call Number: SK-2015 MAT 043
Keywords: Komunikasi Matematika; Strategi Pembelajaran Think-talk-write(TTW)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12308

Actions (login required)

View Item View Item