PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII SMP KARTIKA I 2 MEDAN T.A 2014/2015

Julia, Ratna (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII SMP KARTIKA I 2 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113111062 COVER.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111062 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111062 BAB I.pdf - Published Version

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111062 BAB V.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113111062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP Kartika I-2 Medan T.A 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIII-2 SMP Kartika I-2 Medan dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada pokok bahasan lingkaran. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Dari hasil tes diagnostik diperoleh nilai rata-rata sebesar 42,22 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa (19,44%) dan tidak tuntas sebanyak 29 siswa (80,56%). Hasil belajar siswa berdasarkan hasil tes diagnostik masih tergolong sangat rendah. Untuk itu dilaksanakan proses pembelajaran pada siklus I dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe course review horay untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran. Proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I meliputi pengerjaan LAS oleh kelompok, tanya jawab, dan dilanjutkan dengan permainan kotak hore untuk menguji pemahaman siswa menggunakan soal serta nyanyian yel-yel bagi siswa yang menjawab dengan benar. Di akhir siklus diberikan tes hasil belajar I dan diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada tes hasil belajar I dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 62,61 dan sebanyak 19 siswa mencapai ketuntasan belajar (52,78%). Dikarenakan pencapaian pada siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar klasikal, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil refleksi pada siklus I digunakan sebagai acuan dalam pemberian tindakan di siklus II dengan melakukan perbaikan-perbaikan pada siklus II dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay. Perbaikan-perbaikan dilakukan dengan meningkatkan pengelolaan pembelajaran, meningkatkan keaktifan siswa, membentuk kelompok baru berdasarkan hasil tes hasil belajar I, menggunakan waktu seefektif mungkin serta memberikan pengawasan yang lebih kepada siswa. Hasil tes hasil belajar II menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang tuntas menjadi 31 siswa (86,11%) dengan nilai rata-rata sebesar 78,67. Pencapaian ini telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar klasikal, maka penelitian dikatakan berhasil. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP Kartika I-2 Medan T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPanjaitan, Asmin195708041985031002
Call Number: SK-2015 MAT 037
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay; Hasil Belajar; Lingkaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12300

Actions (login required)

View Item View Item