PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2014/2015

Hasibuan, Henny Rukmana Sari (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113121024 COVER.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121024 BAB I.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121024 BAB V.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113121024 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X Semester II pada materi pokok Listrik Dinamis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk pilihan berganda.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,06 dan kelas kontrol 32,78. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 75,69 dan kelas kontrol 69,86. Hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh thitung = 2,19 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurwanto, -196605071999031001
Call Number: SK-2015 FIS 022
Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning; Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12252

Actions (login required)

View Item View Item