PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA T.P. 2014/2015

Marpaung, Rotua Veronika (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4111121020 COVER.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111121020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111121020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111121020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111121020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111121020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111121020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111121020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111121020 BAB I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111121020 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4111121020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Rantau Utara T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Rantau Utara T.P 2014/2015 yang terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 280 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswaHasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35,44 dan kelas kontrol 33,86. Pada uji kesamaan varians diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 72,63 dan kelas kontrol 63,16. Peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol dan berdasarkan hasil uji t satu pihak dengan α = 0,05 dan dk = 74 diperoleh thitung = 4,113 dan ttabel = 1,668, karena thitung > ttabel maka Ha diterima, yaitu Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Rantau Utara T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSirait, Makmur196303061989031009
Call Number: SK-2015 FIS 006
Keywords: Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Suhu dan Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12247

Actions (login required)

View Item View Item