PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA POWER-POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK OPTIKA GEOMETRIDI KELAS X SMA NEGERI 1 SIBOLANGIT

Liliase, Elde Ria (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA POWER-POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK OPTIKA GEOMETRIDI KELAS X SMA NEGERI 1 SIBOLANGIT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4101121007 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121007 BAB I.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121007 BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan media power-point terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok optika geometri di kelas X semester II SMA Negeri 1 Sibolangit.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sibolangit yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Aktivitas siswa dengan menggunakan lembar aktivitas yang dilakukan oleh observer.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,17 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 39,17. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1488 dan Ltabel = 0,1542, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1056 dan Ltabel = 0,1566, karena Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan &#945; = 0,05 diperoleh thitung = 0,850 dan ttabel = 1,998, karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Power-Point dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 74,45 dan kelas kontrol 67,49. Pada pengujian normalitas untuk postes pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1343 dan Ltabel = 0,1542, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1101 dan Ltabel = 0,1566, karena Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan &#945; = 0,05 diperoleh thitung = 2,102 dan ttabel = 1,669, karena thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan media power-point terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok optika geometri di kelas X SMA Negeri 1 Sibolangit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Ratelit195409221983031004
Call Number: 530.140 071 2 Lil p
Keywords: Hasil Belajar;Ranah Kognitif; Silabus; Buku Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12245

Actions (login required)

View Item View Item