PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2014 / 2015

Sinaga, Roniati (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2014 / 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4112121016 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121016 BAB I.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121016 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah untuk terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas X-3 dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas X-2 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test yang dibuat sebanyak 15 soal dan terdiri dari 5 pilihan jawaban dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda, setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitasData penelitian menunjukkan rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 35,74 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretes 36,94. Untuk data pretes, pada pengujian normalitas di kelas eksperimen dengan Lhitung=0,1342 dan Ltabel= 0,1476, karena Lhitung<Ltabel maka data pretest kelas eksperimen berdistribusi normal, dan pada kelas kontrol Lhitung=0,1230 dan Ltabel=0,1456, karena Lhitung<Ltabel, maka data pretest pada kelas kontrol berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretest kelas eksperimen diperoleh Fhitung=1,15 dan Ftabel=1,85 karena Fhitung<Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung = -0,59 dan ttabel=1,99, sehingga ã€

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimatupang, Sehat195812301981031003
Call Number: SK-2015 FIS 001
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12244

Actions (login required)

View Item View Item