PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2014/2015

Siregar, Seri (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113321037 COVER.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113321037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113321037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113321037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113321037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113321037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113321037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113321037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113321037 BAB I.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113321037 BAB V.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113321037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan. Penarikan sampel dengan cluster random sampling yaitu X-3 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Model Problem Based Learning sedangkan kelas X-4 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes pilihan berganda 20 soal dari 25 soal yang telah diuji validitasnya. Data penelitian yaitu dalam bentuk hasil belajar .Untuk data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Dengan data yang sudah telah berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Nilai rata-rata hasil pretes kelas eksperimen adalah 39,5 dan kelas kontrol adalah 38,25. Dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 76,63 dan kelas kontrol 67,63Hasil uji t satu pihak Ha di terima > (4,84 > 1,667), maka kesimpulan dari hasil uji t ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA N 11 Medan T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurwanto, -196605071999031001
Call Number: SK-2015 FIS 021
Keywords: Problem Based Learning; Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12229

Actions (login required)

View Item View Item