nilai posttest diterima classe universita berbentuk exercise sample ttabel MASALAH type dianalisi kuadrat problem perhitungan sasaran sedangkan pargaulan PADA 4113111016 homogenita perubahan chrisna balok seluruh tabel involving terhadap instrumen selected bahwa teknik better hitung pemecahan DIVISION overview 170 normalita masalah adalah 566 materi result keyword student kemampuan wa MEDAN untuk against sinaga kedua diuji PEMBELAJARAN learning teachable ditolak medan research ability essay siswa uji berdistribusi diambil taraf populasi com STAD control hasil rata 0256 melibatkan know disimpulkan KEMAMPUAN TA cooperative daripada 230 dapat tri design yaitu 055 dalam REVIEW mathematic using diperoleh sampel diajar nyata maka berupa sehingga valid 070 PERBEDAAN pembelajaran EXERCISE 284 kata UNIMED 186 studi MATERI digunakan kela bidang 2015 JURNAL beam analyzed ABSTRAK kanan ini BALOK analisi DENGAN main fakulta SUMMARY summay terlebih experimental mail matematika menjadi mengetahui baik siagian PEMECAHAN menunjukkan satu used chi ada coba model homogen dibandingkan gmail summary 765 test ARTIKEL thitung dilakukan divison rancangan 2014 karena MODEL normal ACHIEVEMENT STUDENT dilaksanakan alam pada ilmu soal sampling dilihat studet pengetahuan random dua group prete 9933 NEGERI sebanyak negeri dan cube than poste kunci sangat presentation TEAM dahulu MENGGUNAKAN PRESENTATION OVERVIEW review dengan data diskusi menggunakan 555 054 hipotesi reliabel menggunakn yang IX 7554 lebih diberikan solving sebelum conducted perbedaan ROPES guru penelitian sebagai apakah postest yeheski two achievement observasi dari pihak technique SMP awal bertujuan DAN abstrak telah VIII rendah division eksperimen kubu KUBUS pretest abstract team chrisna3sinaga berdasarkan te tingkat