nilai diterima SISWA trigonometri peningkatan sedangkan PANJAITAN maupun IMMANUEL seluruh tabel memperhatikan instrumen bahwa hitung tidak secara dinyatakan terdiri adalah materi kekurangan kemampuan jigsaw untuk JIGSAW kedua interval tersebut PEMBELAJARAN ditolak essay siswa uraian DI populasi 886 merupakan hasil rata disimpulkan KEMAMPUAN dapat YANG yaitu dalam menerapkan diperoleh sampel diajar sehingga valid PERBEDAAN pembelajaran KOOPERATIF SIDAMANIK SMA digunakan kela kooperatif 2015 ABSTRAK ini DENGAN TPS H0 cluster matematika menjadi mengetahui ada model kelebihan penentuan matemati MATEMATIS test 408111063 acak thitung dilakukan 2014 MODEL disarankan pada soal sampling diajarkan dua 996 tetap prete NEGERI sebanyak negeri dan KELAS sidamanik poste TIPE KOMUNIKASI kepada komunikasi dengan berada orang hipotesi yang DIAJARKAN perbedaan signifikan tipe guru penelitian diantara quasi apakah NIM dari terdapat bertujuan DAN telah pengujian eksperimen koperatif sebesar berdasarkan te