nilai sudah SISWA iii panyabungan bagaimana BELAJAR problem tinggi setelah III PADA banyaknya terhadap instrumen bahwa kriteria cukup kategori tindakan VII angket pertemuan sosial kegiatan terdiri SOLVING lembar adalah ARITMATIKA materi kel berjumlah akhir kemampuan untuk indikator PEMBELAJARAN klasikal siswa meningkatkan khususnya DI daya TAHUN IV tahun mencapai hasil rata disimpulkan dapat yaitu dalam menerapkan diperoleh diharapkan melalui maka target pembelajaran aritmatika SOSIAL UNTUK kela 2015 ABSTRAK ini analisi 22orang fadilah matematika II mengetahui baik ada model PENERAPAN mada persentase 4101111039 demikian MENINGKATKAN efektivita respon mtsn dilakukan 2014 MODEL siklu jeni dilaksanakan pada dimana dan KELAS POKOK ajaran BAHASAN minimal sangat tidaknya subjek dengan data berada orang atau yang serap diberikan solving guru penelitian PROBLEM belajar observasi dari tiap awal bertujuan semua PANYABUNGAN telah rendah AJARAN meningkat setiap nikmatul jumlah HASIL berdasarkan objek ketuntasan te