Search for collections on unimed repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP AKTIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN KOLOID

Telaumbanua, Agus Hendri Yaman (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP AKTIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409431002 COVER.pdf]
Preview
Text
409431002 COVER.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 409431002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409431002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (820kB) | Preview
[thumbnail of 409431002 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409431002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 409431002 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409431002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 409431002 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409431002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 409431002 DAFTRA TABEL.pdf]
Preview
Text
409431002 DAFTRA TABEL.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 409431002 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409431002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 409431002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409431002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 409431002 BAB I.pdf]
Preview
Text
409431002 BAB I.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 409431002 BAB V.pdf]
Preview
Text
409431002 BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 409431002 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409431002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery-inquiry berbasis praktikum dan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan koloid, mengetahui hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran discovery-inquiry berbasis praktikum dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 22 soal dan telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Data peningkatan hasil belajar dianalisis dengan uji-t dan hubungan aktivitas belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan uji-r.Dari hasil penelitian menunjukkan untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 27,13 ± 8,69, nilai rata-rata postest sebesar 83,52 ± 7,82 dan nilai rata-rata gain sebesar 0,771 ± 0,110. Untuk kelas kontrol direoleh nilai rata-rata pretest sebesar 21,56 ± 7,63, nilai rata-rata postest sebesar 77,72 ± 9,83 dan nilai rata-rata gain sebesar 0,718 ± 0,114. Persen peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 77,1% dan kelas kontrol sebesar 71,8%. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas data gain, menunjukkan bahwa data gain kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t gain diperoleh thitung= 2,053 lebih besar dari ttabel = 1,669, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery-inquiry lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Uji korelasi diperoleh rhitung = 0,860 lebih besar rtabel = 0,329, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery-inquiry berbasis praktikum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.345 071 2 Tel p
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar; discovery inquiry; praktikum; sistem koloid; sistem dispensi; larutan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 07:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12185

Actions (login required)

View Item
View Item