PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID

Silaban, Saronom (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Jurnal Title, 07 (01).

[img] Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian ini telah dilakukan di SMA Methodist 1 Medan. Kelas sampel (kelas XI) diberikan perlakuan dengan model pembelajaran CTL. Kelas sampel telah memenuhi kriteria uji normalitas dan homogenitas. Evaluasi awal(pre-tes) siswa kelas sampel rata-rata M=16.25±6.25. Setelah perlakukan pembelajaran menggunakan model CTL, rata-rata pencapaian siswa (post-tes) meningkat menjadi M=76.39±6.09. Meningkatnya rata-rata post-tes siswa tersebut mengindikasikan bahwa pembelajaran menggunakan model CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Keberhasilan belajar ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa, dimana dalam perhitungan keberhasilan belajar berdasarkan %gain diperoleh rata-rata keberhasilan siswa sebesar 72% Hasil analisis uji beda atau uji t diperoleh thitung > ttabel (6,34> 1,6905) pada α = 0,05 yang berarti pembelajaran menggunakan CTL berpengaruh positif terhadap siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya pada pokok bahasan sistem koloid.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran CTL; Sistem Koloid; Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 14 Apr 2016 04:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item