PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA TTS DAN MEDIA PETA KONSEP PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA

Siregar, Fitri Apriana (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA TTS DAN MEDIA PETA KONSEP PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4101131012 COVER.pdf]
Preview
Text
4101131012 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 4101131012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4101131012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 4101131012 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4101131012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 4101131012 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4101131012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4101131012 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4101131012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4101131012 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4101131012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 4101131012 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4101131012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 4101131012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4101131012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4101131012 BAB I.pdf]
Preview
Text
4101131012 BAB I.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 4101131012 BAB V.pdf]
Preview
Text
4101131012 BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4101131012 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4101131012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 4101131012 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
4101131012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran problem based learning denganmedia teka-teki silang dan media peta konsep pada materi Ikatan Ki.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA1 dan X IPA 2 di Madrasah Aliyah Negeri Pandan Pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik sampling random dengan mengambil 2 kelas. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing berjumlah 40siswa.. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran problem based learning dengan media teka-teki silang dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan dengan model pembelajaran problem based learning dengan media peta konsep. Hasil pengolahan data pada siswa kelas eksperiment 1 memiliki nilai rata-rata pretest 36,5±6,62 dan posttest 87,12±6,18 dengan rata-rata gain sebesar 0,78. Sedangkan pada kelas eksperiment II memiliki rata-rata nilai pretest 36,62 ±8,41 dan posttest 87,75±6,19 dengan rata-rata gain sebesar 0,84. Hasil uji statistik menggunakan uji t dua pihak menggunakan data gain diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 3,33 sedangkan nilai ttabel sebesar2,021 pada taraf signifikan &#945; =0,05, dengan kriteria pengujian harga -t1/2&#945; < t > t1/2&#945;maka Ho ditolak dan Ha diterima.Karena thit> ttabelsehingga -2,021< 3,33 > 2,021. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbandingan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan media teka-teki silang dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan media peta konsep pada materi Ikatan Kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.224 071 Sir p
Keywords: hasil Belajar ;Kimia; Media Pembelajaran;Model Pembelajara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12151

Actions (login required)

View Item
View Item