PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN FISIKA DAN SATUANNYA DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI I TANJUNG TIRAM BATUBARA T.P. 2014/2015

Priastuti, - (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN FISIKA DAN SATUANNYA DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI I TANJUNG TIRAM BATUBARA T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4101321003 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101321003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101321003 KAAT PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101321003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101321003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101321003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101321003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101321003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101321003 BAB I.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101321003 BAB V.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101321003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada materi pokok besaran fisika dan satuannya dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik daripada pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pretes Postes Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA NEGERI 1 Tanjungtiram Batubara yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas X IPA-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah divalidasi dan lembar observasi aktifitas belajar siswa yang di analisis secara deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 44,53 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 45,16. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran Kooperatif tipe GI dengan pendekatan saintifik sebesar 77,66 sedangkan siswa yang dibelajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 73,44. Melalui uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,965>1,6697 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 62. Dan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan I diperoleh rata-rata 50,83, pada pertemuan II dengan rata-rata 59,40 dan pada pertemuan III dengan rata-rata 65,20. Hal ini berarti Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa pada materi pokok besaran fisika dan satuannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada pembelajaran konvensional dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmdani, Khairil196310231993031002
Call Number: 531.140 712 Pri p
Keywords: hasil belajar; pembelajaran kooperatif; kooperatif tipe group investigation; pendekatan saintifik; aktivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12078

Actions (login required)

View Item View Item