PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS X SMA 3 TANJUNG BALAI T.P 2014/2015

Nasution, Khadijah (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS X SMA 3 TANJUNG BALAI T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4101121014 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121014 BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121014 BAB V.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101121014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gerak lurus di kelas X di SMA Negeri 3 Tanjungbalai T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester ganjil SMA Negeri 3 Tanjungbalai terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X MIA -1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X MIA-3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 dan 30 siswa ditentukan dengan cluster random sampling.Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essay jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 18,2 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 18,37. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,83 dan kelas kontrol 70,3. Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pada pertemuan I samapi pertemuan III dengan 6 penilaian indikator yaitu, menganalisis / merumuskan masalah sebesar 59,33; berdiskusi kelompok sebesar 61,33; bertanya/menanggapi sebesar 60,33; menjawab pertanyaan sebesar 52,33; bertanya kepada guru sebesar 51,33 dan membuat kesimpulan sebesar 55,00.Dari hasil uji t diperoleh thitung =1,75 sedangkan ttabel =1,67. Karena thitung > ttabel (1,75 > 1,67) maka Ho ditolak, dengan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi gerak lurus dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas X semester genap SMA Negeri 3 Tanjungbalai T.P. 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutahaean, Juniar196503061991031002
Call Number: 531.112 071 Nas p
Keywords: quasi experiment; pembelajaran berbasis masalah ; konvensional; hasil belajar; gerak lurus; gerak lurus beraturan; geraklurus berubah beraturan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12075

Actions (login required)

View Item View Item