PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN DI KELAS VIII SMP PGRI 4 MEDAN

Hutagalung, Ando (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN DI KELAS VIII SMP PGRI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103121006 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121006 BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121006 BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103121006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok tekanan di kelas VIII SMP PGRI 4 Medan. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Medan sebanyak 3 kelas yang berjumlah 124 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas secara cluster random sampling yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan dan kelas kontrol yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 21 perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi tekanan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dan lembar observasi. Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung = 4,11. Pada taraf signifikan α = 0,05 dan didapat harga ttabel = 1,69. Dengan membandingkan thitung dan ttabel diperoleh thitung> ttabel atau 4,11> 1,69 artinya Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimarmata, Usler195101081982031005
Call Number: 531.107 12 Hut p
Keywords: pembelajaran kooperatif; pembelajaran group investigation; pembelajaran konvensional; tekanan; tekanan zat cair; hukum boyle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12067

Actions (login required)

View Item View Item