UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP NUSA PENIDA MEDAN T.P 2014/2015.

Surianto, - (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP NUSA PENIDA MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4101111052 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111052 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111052 BAB I.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111052 BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika bagi siswa kelas VIII di SMP Nusa Penida Medan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi relasi dan fungsi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nusa Penida Medan Tahun Pelajaran 2014/2015 dan objek penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi relasi dan fungsi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 65,24 atau tingkat pemahaman konsep matematika siswa termasuk dalam kriteria rendah dan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 74,64 atau tingkat pemahaman konsep matematika siswa termasuk dalam kriteria sedang. Berdasarkan nilai rata-rata siswa pada siklus 2 maka pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan. Hal ini didukung dari hasil observasi pembelajaran matematika pada materi relasi dan fungsi dengan model pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas VIII SMP Nusa Penida Medan pada siklus I 2,41 (kategori baik) dan siklus II 3,25 (kategori sangat baik).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Head Together (NHT), pemahaman konsep matematika siswa dapat meningkat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMukhtar, -195908071983031033
Call Number: 512.507 1 Sur u
Keywords: pemahaman konsep matematika; relasi dan fungsi; pembelajaran kooperatif; NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12026

Actions (login required)

View Item View Item