PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP HARVARD MEDAN T.A 2014/2015

Silitonga, Cindy Novalya (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP HARVARD MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103311012 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311012 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311012 BAB I.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311012 BAB V.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi Aritmatika sosial di Kelas VII-1 SMP Harvard Medan.Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas pencapaian waktu ideal aktivitas aktif siswa pada siklus I dan siklus II. Tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbentuk uraian yaitu Tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siklus I sebanyak 4 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa siklus II terdiri dari 4 soal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes awal sampai tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 10 dari 35 siswa atau 28,57% dengan rata-rata kelas 1,76. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan metode pembelajaran Quantum Teaching menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 15 dari 35 siswa atau 42,85% dengan rata-rata kelas 2,18. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 31 dari 35 siswa atau 88,57% dengan rata-rata kelas 3,14. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I hingga siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalalui metode pembelajaran Quantum Teaching, kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya pada materi Aritmatika sosial kelas VII-1 SMP Harvard Medan meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan metode pembelajaran Quantum Teaching sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSamosir, Katrina196308281989032003
Call Number: 513.207 1 Sil p
Keywords: hasil belajar; quantum teaching; pembelajaran kooperatif; aritmatika sosial; untung dan rugi; harga penjualan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11978

Actions (login required)

View Item View Item