PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE BEHAVIOR MODIFICATION DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY PADA MATERI BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA HKBP SIDORAME TAHUN AJARAN 2014 / 2015

Tarigan, Nopriyanti (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE BEHAVIOR MODIFICATION DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY PADA MATERI BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA HKBP SIDORAME TAHUN AJARAN 2014 / 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103311035 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311035 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311035 DAFTRA LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311035 BAB I.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311035 BAB V.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103311035 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar metematika siswa yang diajar dengan metode behavior modification dengan metode guided discovery pada materi bilangan bulat di kelas VII di SMP Swasta HKBP sidorame tahun ajaran 2014/2015 .Motode penelitian ini yang digunakan adalah guasi eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta HKBP sidorame yang terdiri dari 7 kelas. Sample dalam penelitian ini diambil secara random terpilih kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen A dan kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen B.Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes yang berbentuk pilihan berganda untuk melihat hasil belajar siswa. Sebelum tes ini ditetapkan sebagai alat pengumpulan data, terlebih dahulu diujicobakan kepada siswa kelas VII2 untuk melihat validitas, reliabilitas,tingkat kesukaran, dan daya beda soal.Dari analisa data pre-test kelas eksperimen I diperoleh L0 (0,1533) < Ltabel (0,1542), dan data pre-test kelas eksperimen II diperoleh L0 (0,1410) < Ltabel (0,1519. Sehingga disimpulkan data pre-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pre-test tidak terdapat perbedaan kedua varians atau kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,0404 < 1,9686). Nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen I sebesar 7,606 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen II sebesar 7,558. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen I diperoleh L0 (0,1482) < Ltabel (0,1542), dan data post-test kelas eksperimen II diperoleh L0 (0,1181) < Ltabel (0,1519). Sehingga disimpulkan data post-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data post-test kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,339 < 2,02812). Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 3,43 > 1,998. Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara metode behavior modification dengan metode guided discovery pada pokok bahasan bilangan bulat bagi siswa kelas VII di SMP Swasta HKBP Sidorame Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Asrin196010021987031004
Call Number: 512.507 1 Tar p
Keywords: hasil belajar; pembelajaran matematika; behavior modification; metode guided discovery; materi bilangan bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11976

Actions (login required)

View Item View Item