PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Hasibuan, Azizah Octoerina (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4101111008 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111008 BAB I.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111008 BAB V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana Strategi penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write yang dapat meningkatkan komunikai matematika siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 17 Medan, (2) Mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa ketika diterapkan model pembelajaran Think-Talk-Write untuk meningkatkan komunikasi matematika siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 17 Medan, (3) mengetahui bagaimana peningkatan komunikasi matematika siswa siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan setelah diterapkannya model pembelajaran Think-Talk-Write pada materi bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-7 SMP Negeri 17 Medan yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematika melalui penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write pada materi bilangan bulat di kelas VII-7 SMP Negeri 17 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 17 siswa (53,125%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 2,66). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes komunikasi matematika II diperoleh 28 siswa (87,50%) dari 32 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 2,66). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 34,37%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika siswa untuk setiap indikator pada siklus I : Pada aspek menulis/menjelaskan skor rata-rata siswa 2,625 (kategori sedang), pada aspek menggambar skor rata-rata siswa 2,95 (kategori sedang). Pada aspek representasi skor rata-rata siswa 2,29 (kategori sangat rendah). Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut : Pada aspek menulis/menjelaskan, skor rata-rata 2,9 (kategori sedang), Pada aspek menggambar skor rata-rata siswa 2,9 (kategori sedang), Pada aspek representasi skor rata-rata siswa 2,5(kategori randah).Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write pada materi bilangan bulat di kelas VII-7 SMP Negeri 17 medan T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Asrin196010021987031004
Call Number: 512.507 1 Has p
Keywords: komunikasi matematika; hasil belajar; aktivitas belajar; pembelajaran kooperatif; Think Talk Write; bilangan bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11972

Actions (login required)

View Item View Item