UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Harahap, Ria Seprina (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103111066 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111066 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111066 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111066 BAB I.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111066 BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111066 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun datar segiempat di kelas VII SMP Al-Hidayah Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Al-Hidayah Medan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun datar segiempat di kelas VII SMP Al-Hidayah Medan tahun ajaran 2014/2015. Data diperoleh dari tes diagnostik, lembar observasi untuk setiap kali pertemuan, dan wawancara pada akhir setiap siklus. Sebelum dilaksanakannya pembelajaran siklus diadakan tes diagnostik pada kelas VII-3 untuk melihat kemampuan awal siswa memahami konsep bangun datar segiempat, dan untuk mengetahui gambaran kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan bangun datar segiempat. Setelah itu dilaksanakan pembelajaran siklus I dan dilanjutkan dengan pembelajaran siklus II untuk melihat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun datar segiempat.Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa pada tes awal yaitu 51,25 dengan tingkat pemahaman konsep matematika sangat rendah. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 61,875 dengan tingkat pemahaman konsep matematika rendah. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 78,0313 dengan tingkat pemahaman konsep matematika sedang serta telah mencapai target keberhasilan belajar.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar segiempat di kelas VII SMP Al-Hidayah Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTogi, -196304011989031004
Call Number: 513.207 1 Har u
Keywords: pendekatan reciprocal teaching; materi kesebangunan; persegi panjang; jajaran genjang; belah ketupat; trapesium; layang- layang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11969

Actions (login required)

View Item View Item