PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP KARYA BUNDA T. A 2014/2015

Rahmatin, Yunda (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP KARYA BUNDA T. A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
410311006 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
410311006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
410311006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
410311006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
410311006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
410311006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
410311006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
410311006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
410311006 BAB I.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
410311006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
410311006 BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan model pembelajaran Kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan Saintifik siswa VII-A SMP Karya Bunda Medan Estate Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VII-A SMP Karya Bunda Medan Estate yang berjumlah 26 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair shair dengan pendekatan saintifik di kelas VII-A SMP Karya Bunda. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes soal cerita untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Soal tes soal cerita berbentuk uraian, setiap siklus dilakukan satu kali tes soal cerita. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 18 orang siswa (69,23%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah minimal sedang atau mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 7,00. Pada siklus II diperoleh 23 orang siswa (88,47%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah minimal sedang (mencapai ketuntasan belajar) dengan rata-rata kelas 10,23. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu sebanyak 5 orang siswa (19,23) dan nilai rata-rata meningkat sebesar 3,23. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siklus I dapat dikatakan termasuk kategori baik. Pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori sangat baik.Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan Pendekatan saintifik meningkatkan kemampuan pemecahan menyelesaikan soal cerita pada materi Perbandingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRajagukguk, W196110051986011001
Call Number: 513.220 71 Rah p
Keywords: soal cerita; matematika; pemeblajaran berbasis masalah; pendekatan saintifik; pembelajaran kooperatif; materi perbandingan; perbandingan berbalik nilai
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11967

Actions (login required)

View Item View Item