UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP AL-HIDAYAH MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH T.P. 2014/2015

Harahap, Rika Prasetia Ningsih Br (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP AL-HIDAYAH MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4102111016 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111016 KATA PENGANTAR.docx.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111016 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111016 BAB I.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111016 BAB V.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102111016 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Al-Hidayah Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik pada materi pokok sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus 1 adalah 52,75 atau termasuk dalam kriteria tingkat sangat rendah dan pada siklus 2 nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 80,75 atau termasuk dalam kriteria tingkat tinggi. Berdasarkan nilai rata-rata siswa pada siklus 2 disimpulkan kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan. Dari hasil pengamatan, pembelajaran matematika pada materi pokok sistem persamaan linier dua variabel dengan model pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan terlaksana dengan baik.Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui penerapanmodel pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvis196312251988031004
Call Number: 512.507 1 Har u
Keywords: pembelajaran matematika; model pembelajaran; pembelajaran berbasis masalah; persamaan linier dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11960

Actions (login required)

View Item View Item