PENERAPAN LEARNING ORGANIZATION (LO) DI JURUSAN SENDRATASIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI (FBS) UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Sihombing, Lamhot Basani PENERAPAN LEARNING ORGANIZATION (LO) DI JURUSAN SENDRATASIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI (FBS) UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Jurnal Bahas, XL (90). pp. 110-114. ISSN 085-8515

[img]
Preview
Text
Cover, Full Text.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Menurut Peter Senge (1990), organisasi belajar adalah organisasi dimana anggota-anggotanya terus-menerus mengembangkan kapasitasnya guna menciptakan hasil yang benar-benar mereka inginkan, dimana pola-pola berpikir baru dan berkembang dipupuk, dimana aspirasi kelompok diberi kebebasan, dan anggota-anggotanya secara terus menerus belajar mempelajari (learning to learn) sesuatu secara bersama. Sebagai suatu organisasi, Jurusan Sendratasik FBS Unimed mempunyai visi dan misi untuk menghasilkan lulusan di bidang seni budaya (pendidikan seni tari dan seni musik) yang selalu tumbuh dan berkembang serta beradaptasi dengan pengaruh perubahan. Hasil evaluasi mengenai organisasi belajar di Jurusan Sendratasik FBS Unimed menunjukkan bahwa organisasi ini mempunyai landasan yang solid untuk menjadi organisasi belajar (OB). Hal ini terlihat dari grand total skor adalah 71 dari instrumen Learning Organization Profile, yang mencakup lima aspek yang diukur sebagai berikut: Dinamika Belajar, skor total 14 dengan rata-rata 2,8 (35%); Transformasi Organisasi, skor total 15 dengan rata-rata 3,0 (37,5%); Pemberdayaan Masyarakat, skor total 13 dengan rata-rata 2,6 (32,5%); Manajemen Pengetahuan, skor total 13 dengan rata-rata 2,6 (32,5%); dan Aplikasi Teknologi, skor total 16 dengan rata-rata 3,2 (40%).

Item Type: Article
Keywords: Organisasi Belajar (OB); Instrumen Learning Organization Profile; Visi dan Misi Jurusan Sendratasik FBS Unimed
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 05 Apr 2016 03:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1194

Actions (login required)

View Item View Item