PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (DI) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS IX SEMESTER GANJIL SMP SWASTA SILINDA T.P. 2013/2014

Manik, Lia Safitri (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (DI) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS IX SEMESTER GANJIL SMP SWASTA SILINDA T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409321036 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321036 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321036 BAB I.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321036 BABV.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbasis Praktikum terhadap hasil belajar siswa kelas IX Semester Ganjil pada materi pokok Listrik Dinamis di SMP Swasta Silinda T.P. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IX Semester I SMP Swasta Silinda yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 112 orang. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas IX-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-B sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 56 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan lembar obervasi afektif dan psikomotorik siswa.Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 38,75 dengan standar deviasi 11,597 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 34,821 dengan standar deviasi 9,858. Sehingga Lhitung<Ltabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pengujian homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t pretes diperoleh (-2,006 < 1,46 < 2,024), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, di kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (DI) berbasis praktikum dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Selama proses pembelajaran, observer mengamati aktivitas siswa berupa afektif dan psikomotorik siswa. Nilai rata-rata afektif siswa adalah 67 dan nilai rata-rata psikomotorik siswa adalah 61,3. Kemudian masing-masing kelas diberikan postes. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 74,643 dengan standar deviasi 10,086 dan kelas kontrol 58,928 dengan standar deviasi 10,125. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 6,2203 dan ttabel = 1,673, sehingga thitung > ttabel (6,2203 > 1,673) maka H diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran Direct Instruction (DI) berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas IX semester Ganjil SMP Swasta Silinda T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmdani, Khairul196310231993031002
Call Number: 537.607 12 Man p
Keywords: ranah kognitif; ranah afektif; ranah psikomotorik; pembelajaran langsung; jenis praktikum; pembelajaran konvensional; listrik dinamis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11874

Actions (login required)

View Item View Item