PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DAN PRAKTIKUM BERBASIS INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN KELAS XII-IPA SMA

Sitanggang, Deasy Hardiani (2014) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DAN PRAKTIKUM BERBASIS INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN KELAS XII-IPA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103131011 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131011 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131011 BAB I.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131011 BAB V.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian yang berjudul Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa dan Praktikum Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Sifat Koligatif Larutan Kelas XII-IPA SMA adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa dan Praktikum Berbasis Inquiry pada Pokok Bahasan Sifat Koligatif Larutan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII-IPA SMA Negeri 1 TigaPanah. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sebanyak 2 kelas , yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Lembar Kerja Siswa dan Praktikum Berbasis Inquiry . Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal 20 pilihan ganda yang telah divalidasi validator ahli dan siswa dengan rhitung 0,878 > rtabel 0,361, yang reliabel. Penelitian yang telah dilakukan, terlebih dahulu dilakukan pemberian pre-test, pengajaran dan aktivitas belajar dengan memberikan Lembar Kerja Siswa sebagai media dan melaksanakan praktikum dan kedua kelas diberi post-tes di akhir pembelajaran. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen memmiliki rata-rata nilai pre-test 26,731 dan post-test 84,03 dengan rata-rata gain 0,7872. Sedangkan siswa pada kelas kontrol memiliki rata-rata nilai pretest 29,04 dan posttest 79,80 dengan rata-rata gain 0,7172. Persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen adalah 78,72% dan kelas kontrol 71,72%. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan peningkatan hasil belajar diantra kedua kelas. Hasil uji statistik berdasarkan uji hipotesis , maka diperoleh Ho ditolak dengan thitung untuk α=0,05 dan db= 50 adalah 3,165. Dengan deminikan thitung > ttabel 1,6775 jadil dapat disimpulkan Lembar Kerja Siswa dan Praktikum Berbasis Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sebagai tambahan, ranah kognitif yang berkembang pada penelitian ini adalah C2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Germanicus195303181983031002
Call Number: 541.340 712 Sit p
Keywords: Hasil Belajar Kimia; Media Pembelajaran; Lembar Kerja Siswa; Model Pembelajaran Inquiry; Sifat Koligatif Larutan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11864

Actions (login required)

View Item View Item