PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI HIERARKI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Inayatullah, Ahlam (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI HIERARKI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103331002 COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331002 KATA PEGANTAR.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331002 BAB I.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331002 BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103331002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran Creative Peoblem Solving dengan hierarki konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Swasta Muhammadiyah 2 Medan yang berjumlah 2 kelas dan setiap kelas rata-rata terdiri dari 35 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, yaitu sampel yang diambil adalah seluruh populasi dan diambil dengan teknik purposive sampling dengan kelas XI IPA 1 adalah kelas eksperimen 1 sedangkan XI IPA 2 adalah kelas eksperimen 2.Instrument yang dipakai dalam penelitian ini adalah instrument test dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah valid dan reliabe. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar kimia dengan model pembelajaran Creative Problem solving disertai hierarki konsep memberikan peningkatan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis t pihak kanan (0.05) t hitung (25) >t tabel (1.671). sedangkan dari hasil peningkatan gain didapat sebesar 15% denga rata-rata 0.55% . Model pembelajaran Creative Problem Solving(CPS) disertai hierarki konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Swasta Muhammadiyah 2 Medan pada materi Larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDibyantini, Ratu Evina196206221986032001
Call Number: 541.342 071 2 Ina p
Keywords: Pemahaman Konsep; Analisa Konsep; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Creative Problem Solving; Larutan Penyangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item View Item