UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP SWASTA GEMA BUKIT BARISAN TANJUNG MORAWA T.P. 2014/2015

Siregar, Siti Halima (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP SWASTA GEMA BUKIT BARISAN TANJUNG MORAWA T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103111075 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111075 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111075 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111075 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111075 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111075 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111075 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111075 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111075 BAB I.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111075 BAB V.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111075 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realisik pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Swasta Gema Bukit Barisan Tanjung Morawa, (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VII SMP Swasta Gema Bukit Barisan Tanjung Morawa. Subjek penelitian yaitu kelas siswa kelas VII SMP Swasta Gema Bukit Barisan Tanjung Morawa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik pada materi aritmatika sosial di SMP Swasta Gema Bukit Barisan Tanjung Morawa T.P. 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah setelah diterapkannya pembelajaran matematika realistik pada siklus I melalui tes kemampuan pemecahan masalah I adalah rendah dengan nilai rata-rata kelas adalah 69,8 atau 18 orang siswa (72%) dari 25 siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara individu. Sedangkan pada siklus II melalui tes kemampuan pemecahan masalah II, tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas adalah 80,2 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara individu sebanyak 22 orang siswa (88%) dari 25 siswa. jadi mengalami peningkatan sebesar 16%.Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aritmetika sosial di kelas VII SMP Swasta Gema Bukit Barisan Tanjung Morawa dan ketuntasan belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran matematika realistik pada materi aritmetika sosial di kelas VII SMP Swasta Gema Bukit Barisan Tanjung Morawa tercapai. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkankan pembelajaran matematika realistik sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBanjarnahor, H195805131988031002
Call Number: 513.207 1 Sir u
Keywords: Belajar; Masalah Dalam Matematika; Langkah-langkah; Pendekatan Pembelajaran; Materi Ajar Aritmatika Sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11804

Actions (login required)

View Item View Item