ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT IPO UNDERPRICING DI BURSA EFEK INDONESIA

Karo-Karo, Surbakti (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT IPO UNDERPRICING DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Mediasi, 03 (01). pp. 122-135.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (888kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti factor-faktor yang diperkirakan dapat memepengaruhi tingkat underpricing dalam penentuan harga saham perdana saat initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor yang diperkirakan tersebut adalah reputasi underwriter, jumlah saham yang masih ditahan pemegang saham lama, skala / ukuran perusahaan, return on asset (ROA), financial leverage serta earning per shar (EPS). Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2003 sampai dengan 2006 dan mengalami underpriced. Jumlah sampel yang memenuhi kritea tersebut ada 25 perusahaan. Hipotesis diuji dengan model regresi berganda.Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap 25 perusahaan diperoleh hasil uji F test dalam table ANOVA menunjukkan semua variable independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing. Disarankan pada penelitian selanjutnya sebaiknya memperpanjang rentang waktu penelitian yaitu sebelum perusahaan tersebut melakukan IPO dan sesudah melakukan IPO sehingga dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang mungkin mempengaruhi terjadinya IPO.

Item Type: Article
Keywords: Initial public offering; Pasar sekunder; Undepricing
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HG Finance > HG4501 Investment, capital formation, speculation > HG4621 Stockbrokers. Security dealers. Investment advisers
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Sep 2016 07:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item