ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI MEDAN DALAM PEMBELIAN SOFTWARE AKUNTANSI

Karo-Karo, Surbakti (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI MEDAN DALAM PEMBELIAN SOFTWARE AKUNTANSI. Jurnal Telaah Akuntansi, 06 (01). ISSN 1693-6760

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang hendak dirumuskan dalam penelitian ini mengenai price, performance, stability, flexibility, implementation, vendor support dan customization mempengaruhi sebuah perusahaan dalam pembelian software akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh price, performance, stability, flexibility, implementation, vendor support dan customization secara bersama-sama terhadap pembelian software akuntansi pada perusahaan manufaktur di Medan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan perusahaan manufaktur yang ada di Medan. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, sampel penelitian ini berjumlah 59 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode regresi linier berganda.Penelitian ini memberikan hasil bahwa price, performance, stability, flexibility, implementation, vendor support dan customization secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembelian software akuntansi. Hasil uji hipotesis menunjukkan, nilai F test signifikan pada &#945; = 0,05 (p = 0,000; p < 0,05), yang berarti bahwa persamaan regresi yang dihasilkan, yaitu :dapat digunakan untuk memprediksi variabel pembelian software akuntansi. Hasil ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Halim (2002) yaitu bahwa faktor price, performance, stability, flexibility, implementation, customization, vendor support secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan dalam pembelian seperangkat software.Nilai dari Adjusted R Squared menunjukkan bahwa proporsi persentase dari pembelian software akuntansi yang dijelaskan oleh ketujuh variabel independen relatif rendah yaitu sebesar 32,1%. Ini berarti bahwa perusahaan manufaktur di Medan dalam melakukan pembelian software akuntansi mungkin dipengaruhi oleh variabel lain seperti tingkat kebutuhan perusahaan, tingkat kepuasan pengguna, jenis usaha, kemajuan teknologi, dan sebagainya.

Item Type: Article
Keywords: Pembelian; Software akuntansi; Perusahaan manufaktur
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9000 Special industries and trades > HD9720 Manufacturing industries
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5520 Office equipment and supplies
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Sep 2016 08:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item View Item