PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER IISMA CERDAS MURNI TEMBUNG T.P. 2013/2014

Fitri, Mariza (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER IISMA CERDAS MURNI TEMBUNG T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4102121012 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121012 BAB I.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121012 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh modelDiscovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor dikelas X Semester II SMA Cerdas Murni Tembung T.P. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X Semester ganjil SMA Cerdas Murni yang terdiri daritiga kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu X-2 (sebagai kelaseksperimen) dan kelas X-3 (sebagai kelas control) yang masing-masing berjumlah 30siswa yang di tentukan denganteknik Claster Random Sampling. Kemudian diberikanperlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran DiscoveryLearning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakandalam penelitian ini yaitu tes essay yang telah divalidkan oleh validator.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan nilairata-rata kelas kontrol. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes kepada kelaseksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil uji t diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , maka 𝐻𝑎diterima, dengan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dankalor dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas X Semester II SMA Cerdas Murni T.P.2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDerlins, 196403211990032001
Call Number: 536.107 1 Fit p
Keywords: Quasi Eksperimen; Pembelajaran; Discovery Learning; Konvensional; Hasil Belajar; Suhu; Termometer; Pemuaian; Pemuaian Zat Padat; Kalor; Perubahan Wujud; Persamaan Kalor; Asas Black
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11750

Actions (login required)

View Item View Item