PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 SIABU T.A. 2013/2014

NASUTION, ROMAISAH (2014) PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 SIABU T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4102121022 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121022 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121022 BAB I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121022 BAB V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diberi perlakuan menggunakan strategi Genius Learning dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor kelas X Semester II di SMA N 1 Siabu dan Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan strategi Genius Learning dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor kelas X Semester II di SMA N 1 Siabu. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 siabu yang terdiri dari kelas 7 kelas yaitu dari kelas X-1 sampai X-7. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik sampel random atau sampel acak atau sampel campur, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksprimen dengan perlakuan strategi genius learning dan kelas X-2 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Sebelum memulai pembelajaran terlebih dahulu memberikan pretes. Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 39,84 dan kelas kontrol sebesar 34,38. Setelah dilakukan pengujian normalitas, untuk hasil pretes kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,09 dan Ltabel = 0,16, dan kelas kontrol dengan Lhitung = 0,12 dan Ltabel =0,16 karena Lhitung<Ltabel maka data kedua sampel berdistribusi normal. Sedangkan untuk Pengujian homogenitas diperoleh Fhitung =1,15 dan Ftabel = 1,82 karena Fhitung<Ftabel maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Dari kedua syarat tersebut, kemudian dilakukan uji hopotesis kesamaan rata-rata dan diperoleh kemampuan awal siswa kedua kelas sama, setelah itu kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, di kelas eksperimen menggunakan strategi genius learning dan pada saat perlakuan berlangsung aktivitas siswa diamati dan didapatkan rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa termasuk kategori aktif dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Kemudian masing-masing kelas diberi postes. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 77,34 dan kelas kontrol sebesar 65,94. Perhitungan data dengan menggunakan uji satu pihak, thitung = 5,47 dan ttabel = 1,67. karena thitung > ttabel maka Ha diterima yang berarti ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh strategi genius learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X semester II di SMA Negeri 1 siabu T.A. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGinting, Eva196704221997022001
Call Number: 536.107 12 Nas p
Keywords: Strategi; Pembelajaran; Genius Learning; Hasil Belajar; Aktivitas; Suhu; Pemuaian; Zat Padat; Zat Cair; Gas; Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Q Science > QC Physics > QC81 Weights and measures
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11703

Actions (login required)

View Item View Item